Selasa, 25 Januari 2011

Melbourne is On Fire !!!

"The heat is on", adalah slogan dari turnamen akbar di awal tahun ini, Australian Open 2011. bukan hanya warga Melbourne yang bersiap menyaksikan event grand slam pembuka ini. Aku pun merasa wajib menyisihkan waktu untuk mengikuti jalannya turnamen di benua tetangga ini.

Tapi bukan berarti aku akan terbang dengan salah satu armada Qantas Airlines menuju Melbourne. Aku hanya membutuhkan kotak kaca bernama TV dan jaringan siaran TV kabel untuk mengakses saluran StarSports.

Tahun lalu, sang Maestro tenis dari negeri keju, Roger Federer yang berhasil mengangkat trofi juara. Seperti yang kebanyakan orang ketahui, he is a living legend. Seorang legenda yang masih mengayunkan raketnya di usia 29 tahun dan di posisi rangking 2 dunia.

Meskipun banyak yang kini meragukan kemampuan seorang atlet tenis ketika usianya sudah berada di ambang 30, namun para fans setianya di mana-mana masih menaruh harapan besar di pundak the Fed-ex.

Namun, sang rival sejati justru bintangnya semakin bersinar. 9 gelar grand slam sudah di tangannya. Meski masih kalah jauh dengan koleksi Federer, 17 gelar, tapi Rafael Nadal mulai mendominasi sejak French Open 2010 lalu. Ia pun makin tak terbendung dengan merebut trofi Wimbledon 2010 yang diincar Roger untuk melengkapi gelar tersebut menjadi tiga kali berturut-turut (Roger juara di 2008 dan 2009). Rafa tidak puas sampai di situ saja. Kemenangannya di turnamen akbar penutup tahun 2010, US Open, semakin mengokohkan cengkeraman Espana Man ini di posisi rangking 1 dunia, yang sebelumnya jadi "langganan" Roger.

Tapi bagi kalian yang sama sekali tidak peduli dengan catatan head to head kedua petenis ini, that shouldn't be a problem!! Turnamen ini begitu "panas" nya hingga petenis lainnya yang ambil bagian juga banyak yang berhasil menampilkan permainan terbaik mereka. Sebut saja unggulan-unggulan atas seperti Murray, Berdych, dan Djokovic, yang malam ini tampil memukau di Rod Laver Arena. Meskipun disingkirkan Roger di Perempat Final, Stanislas Wawrinka  telah menundukkan unggulan lainnya, Andy Roddick dengan tiga set langsung hingga pertandingan tadi siang menjadi yang pertama mempertemukan dua petenis Swiss dalam Perempat Final grand slam. Tantangan berat sudah pasti mengintai dari grup seberang. Di mana telah bersiap Rafa dengan penuh ambisi, skill yang outstanding, dan attitude  yang sarat pujian belakangan ini.

Mungkin ada yang bertanya, what about the ladies?? Yah, turnamen ini sedikit kurang seru tanpa Serena Williams yang dirundung cedera berat. Alhasil Caroline Wozsniacki menduduki unggulan pertama, sekaligus menjadi rangking 1 dunia saat ini. Petenis usia 20 tahun dari Denmark ini belakangan memang selalu mengintai posisi Serena. Permainan fantastis nya dibuktikan siang ini dengan mengalahkan Francesca Schiavone, yang dua hari lalu baru saja melewati pertandingan petenis wanita terlama dalam grand slam (lebih dari 4 jam 40 menit). Francesca menekuk Svetlana Kuznetsova yang sebelumnya memupuskan harapan Justine Henin untuk melaju di turnamen ini.

Jujur saja Justine Henin dan Kim Clijsters favoritku di turnamen ini. Tapi sayang hanya Kim yang kini berpeluang dengan terus hingga ke Perempat Final, bersama beberapa unggulan lainnya. Seperti Vera Zvonareva yang semoga saja tidak mengikuti jejak Henin, tersingkir dari turnamen.

Meskipun para unggulan dan petenis papan atas tetap mendominasi, namun mereka yang berada di unggulan bawah pun banyak yang mampu menunjukkan "taringnya". Dengan mental nothing to lose, mereka justru dapat tampil dengan percaya diri dan bahkan memaksa lawannya mengakui kehebatan mereka.

Pada akhirnya, orang-orang ini adalah mereka yang telah berkomitmen dan memilih untuk mendedikasikan diri di lapangan. Bagiku mereka orang-orang hebat, yang fokus pada satu hal dan menjadi ahli dalam hal tersebut. Konsistensi dan kedisiplinan adalah kunci mereka untuk meraih apa yang mereka miliki saat ini.

Jadi mari duduk sejenak, pilih sofa ataupun posisi nonton favoritmu, siapkan cemilanmu, dan saksikan keajaiban-keajaiban terjadi dalam dunia tenis di turnamen ini bersamaku. Dalam beberapa hari ke depan, final akan mempertemukan mereka yang terbaik dari uji mental dan kemampuan ini. Kita akan lihat, apakah akan terjadi partai Fed-Dal (Federer vs Nadal), ataukah justru mereka yang tidak pernah terpikirkan yang memberi kejutan..?? So beware, because THE HEAT IS ON!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar